Thursday, February 15, 2018

City Tour ke Museum BI

Akhirnya keinginan naik bis tingkat kesampean, yeay! thanks buat temen2 subdit peternakan yg udah menemani dan kak Aul yg udah ngasi info kalo bisa naik dari shelter bus pasar baru.

Jadi buat informasi aja, terdapat 6 rute Bis Wisata (transJakarta) yang cuma-cuma alias gratis lho. Beroperasi Senin-Jum'at pukul 10.00-17.00 juga selama weekend (terdapat penyesuaian hari Minggu karena ada car freeday)
1. History of Jakarta (tujuan Jakarta Kota-Istiqlal/Juanda )
rute: Gedung Kesenian Jakarta- Monas-Balai Kota-Museum Nasional-Gedung Arsip-Museum BI
2. Jakarta Modern
rute: Sarinah-Plaza Indonesia-Pecenongan
3. Jakarta Skyscrapers
rute: Tosari-Sudirman-Karet-Bundaran Senayan-GBK-Dukuh Atas
4. Art&Culinary (khusus operasi malam hari, jam: 17.00-23.00) 
5. Jakarta Open Space (tujuan akhir: RPTA Kalijodo)
6. Makam Mbah Priok (operasi Kamis-Minggu, pukul 13.00-19.00)


Kemarin naik yang rute BW-1 (karena yang muncul paling deket itu), walhasil akhirnya mampir ke museum BI deh. wkwk, sayangnya karena udah bukan mahasiswa masuknya gak gratis lagi, tapi berbayar 5k.


 
-Perpustakaan Nasional dan Balai Kota yang dilewati-

Udah lama dari terakhir kali kesini.. banyak perubahan juga yang jelas jadi lebih informatif. Wkw, beberapa bagian masih dalam kondisi renovasi/ maintanance. Ya tujuan utama kesini foto-foto ae sih.
 

Uniknya diruang pameran baru tau sih ada beberapa uang khusus (sepertinya banyak diburu para kolektor), yaitu:
>> Uang token (untuk transaksi perkebunan, terbuat dari logam bernilai Sen)
>> Uang peringatan khusus (terbuat dari emas, nominalnya sesuai kadarnya)
>> Uang bersambung (uncut banknotes terdapat dalam bentuk 2 lembar & 4 lembar)

-Logo BI dari waktu ke waktu-

-Uang yang beredar pada masa VOC, dibeberapa daerah desainnya seperti tiket/karcis :v-

Jauh-jauh kesana, sebenernya malah belum mampir gd Filateli sama Kesenian Jakarta yang deket. Haha, yang penting dah ngerasain kantin Kantor Pos sih (es podengnya enak) xD

0 comments:

Post a Comment