Tuesday, December 12, 2017

Kunjungan ke Baitullah

Alhamdulillahirabbil 'alamin.. telah diberikan kesempatan dan nikmat yang luar biasa untuk menjalankan ibadah umroh bersama keluarga tercinta. Sedikit cerita dan pengalaman tak terlupakan ingin saya abadikan di blog pribadi ini, hingga nanti bisa memotivasi kembali kesana untuk melaksanakan ibadah haji bersama pasangan hidup nantinya, Aamiin yarabbal alamiin..

Saya senantiasa berysukur terlahir dalam keluarga dengan orangtua yang selalu mempersiapkan yang terbaik untuk anaknya, walaupun saya ini masih belum bisa membanggakan mereka sepenuhnya. Setelah kelulusan dan mendapat gelar D-IV, keluarga saya merencanakan keberangkatan (sebelum saya merantau lebih jauh lagi untuk tugas pengabdian). Kami berempat sepakat memutuskan tanggal, ditengah ketidakpastian jadwal saya yang beum bisa terpeta dalam beberapa bulan ke depan.

Qadarullah, kegiatan per-magang-an (maklum saya lulusan sekolah ikatan dinas, re: apa-apa serba mendadak) dimulai awal November 2017, juga saat pembekalan diumumkan bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan 2 hari berikutnya. Alhamdulillah tidak berbenturan dengan jadwal keberangkatan dan saya bisa mengajukan izin pada atasan. 

Begitulah sekiranya semua selalu dipermudah, ketika melangkahkan kaki pada jalanNya. Kemudian untuk persiapan fisik dan ilmu (sekiranya ini ada himbauan dari travel yg dipilih), sebaik-baiknya memang menyiapkan perbekalan ala-kadarnya dan meluruskan niat Lillahi Ta'ala. Perhatikan pula: syarat, rukun, wajib, sunnah, dan larangan selama disana juga adab perjalanan.

Sedikit pengalaman saya (ini memang perjalanan pertama yang paling jauh, memakan waku berjam-jam), penerbangan ke Madinah transit di Dubai (Pesawat Emirates), Bandara Internasional ini cukup besar dan karena singgah hanya sebentar tidak bisa mampir kemana-mana ya. Juga persiapan untuk komunikasi disana, bisa menggunakan fasilitas roaming yang disediakan operator Indonesia (recommended ini sih, karena sudah bekerjasama dgn provider Saudi Arabia drpd membeli kartu baru disana). Selisih zona waktu 4 (empat) jam lebih lambat dengan WIB, jadi buat keep-touch dgn Indonesia bisa diperhatikan deh. Waktu shalat disana pun sedikit berbeda (kalau ini tergantung cuaca disana juga), pun jangan bingung karena disana adzan shubuh dilantunkan 2x (yang kedua barulah sudah memasuki waktu shalat, sy baru menyadarinya saat disana dijelaskan :p). Juga merasa bersyukur saat berada disana dalam cuaca yang bersahabat, cenderung normal, untuk ukuran suhu disana yang cenderung ekstrem. Ingat saja di  tanah suci ini, harus selalu ber-husnudzan atas segala sesuatu :)  

Hari pertama rombongan tiba, tak jauh dari waktu shubuh hingga begitu sampai di hotel dapat langsung menuju Masjid Nabawi dan melaksanakan shalat berjamaah (fyi, biasanya pilihan hotel-hotel disini relatif dekat dibandingkan saat di Makkah). Kemudian malamnya (ba'da isya)  mengunjungi Raudhah sekaligus makam Rasulullah bersama ustadzah dan rombongan perempuan lainnya, susana begitu sentimental dengan perjuangan melakukan shalat sunnah dua rakaat disana (karena perlu bergantian dgn jama'ah yang lain)

 
-Foto diambil dari luar halaman Masjid Nabawi, keramaian ba'da shalat Ashar-

Hari kedua, mengunjungi Masjid Quba (yang tertua), Jabal Uhud (mengenang peritiwa Perang Uhud), dan Perkebunan Kurma. Pertama kali juga mengetahui dan mencicipi kurma muda (sayangnya ini tidak cukup tahan lama karena harus disimpan pada suhu es).

Hari ketiga, mengunjungi museum Asmaul Husna. Disini kita semua diajak mentadabburi berbagai peristiwa dan isi alam semesta untuk mengenal lebih dekat nama-nama Allah tersebut. Kemudian siang harinya rombongan bergerak ke Kota Makkah (dengan mengambil miqot/niat dari Bir 'Ali, sudah menggunakan baju ihrom).

-Ini penampakan luar Museum Asmaul Husna-

Setibanya untuk melanjutkan pelaksanaan umroh pun pada dini hari, tak surut semangat dari jama'ah (juga rombongan lain) yang berjalan dari Hotel/Tempat Singgah selama di Kota Makkah. Dengan mengucapkan lantunan talbiyah menuju Masjidil Haram untuk melakukan thawaf, sa'i, dan terakhir tahalul. Sungguh saya terpana kota ini seperti tidak ada matinya (Jakarta kalah jauh lah :D) begitu banyak Muslimin/ah yang datang dan kembali dari tanah suci ini. 

Pun Sumur Zamzam masih dalam tahap renovasi di Masjidil Haram area tawaf di lantai 1 cukup terbatas. Pun romobongan tak keberatan sedikit berada di arus yang padat, insyaAllah bisa melaksanakan rukun umroh ini disana. 

Hari keempat ini jatuh di Hari Jum'at. Free program, bisa dianfaatkan untuk memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Hari kelima, ziarah Kota Makkah dengan mengunjungi Jabal Tsur, Jabal Nur, serta Arafah, Muzdhalifah, dan Mina (dengan penjelasan kegiatan yang dilaksanakan disana selama menjalankan Haji) juga Jabal Rahmah (tempat pertemuan Nabi Adam dan Hawa di dunia). Hmm. saat di Jabal Rahmah diminta berdoa agar segera dipertemukan dengan jodoh, jadi saya hanya bisa mengaminkan saja :'D sambil kemudian nyobain eskrim Arab. wk

Hari keenam,  bersama rombongan menuju Hijr Ismail (untuk melaksanakan shalat sunnah dhuha, disini ada talang emas nya :O) dan mendekat ke Multazam (tempat yang paling mustajab untuk berdoa) di bagian antara pintu Ka'bah dan pojok tempat Hajar Aswad. 

-Foto ini diambil dari bagian lantai 2 Masjidil Haram-

Hari ketujuh (ini hari terakhir di Mekkah, iya sebenarnya perjalanan berangkat dan pulang hampir sehari penuh :3) tibalah melaksanakan thawaf wada ba'da shubuh (sedih banget, rasanya gamau pulang saking betah). Dilanjutkan tour ke Museum Ka'bah, disini banyak banget dokumentasi momen bersejarah dan replika tempat2 khusus 

Tips saya, agar bisa fokus beribadah dan istiqomah memang tidak membawa alat komunikasi (handphone) terutama saat menjalankan rukun umroh. Jadi dokumentasi pribadi saya cukup sedikit (memang aslinya kurang suka foto2 jugasih :p)

-Ini sebenernya foto saat pertama tiba di Dubai, sih-

Ya begitulah ceritanya, semoga buat temen-temen yang berniat mengunjungi Baitullah dapat disegerakan dan dipermudah langkahnya. Saling mendoakan juga ya buat mempersiapkan diri menjalankan ibadah haji nya! :)

0 comments:

Post a Comment