Monday, July 18, 2016

Fenomena

For some reasons.. I love being myself.
Kita semua berjuang menjadi orang yang tangguh. Menjalani kehidupan sebagaimana kita telah diberikan waktu dan kesempatan untuk menikmati hidup.

"Barangsiapa mengerjakan kebajikan, maka (pahalanya) untuk diri sendiri dan barangsiapa berbuat jahat maka (dosanya) menjadi tanggungan diri sendiri. Dan TuhanMu sama sekai tidak menzalimi hamba-hamba(Nya)." (QS. Fussilat [41] : 46)

Fenomena yang muncul belakangan ini terkadang begitu mengkhawatirkan. Riskan mengenai mental dan kepribadian. Apa yang dikabarkan terlihat benar, belum tentu keadaannya memang seperti itu. Saya mungkin tidak pantas membahas mengenai ini, tapi tulisan ini sekedar mengenai pandangan saya saja.

Bagaimana kita membawa persepsi kita di era teknologi sekarang ini? Apakah mudah mempercayai media, mengikuti trend terkini, malu jika dianggap ketinggalan zaman? Bagaimana dengan kewajiban kita sebagai umat beragama, sudah sampai mana majlis ilmu dan ladang amal yang kita datangi.

Terkadang kita terlalu terbawa arus perubahan, sehingga melepaskan hal-hal yang seharusnya dipegang erat-erat. Demi pergaulan, menggadaikan pemahaman. Demi popularitas, meninggalkan nilai dasar. Naudzubillah min dzalik, semoga selalu dijauhkan dari kemunafikan diri.

The more you read, the more you writes. The more you try, the more chances you get the result. The more you give to others, the more you reach your happiness.
Lingkungan memang memegang dampak yang besar dalam mental dan kepribadian seseorang. Keluarga, sekolah pertama bagi seorang anak. Ketika tertanam kebiasaan yang baik, maka akan menempel dan terbawa hingga dewasa kelak.

Lalu apakah, keadaan saat ini mencerminkan lingkungan yang baik untuk terus berkembang? Mari kita renungkan kembali, hal apa yang telah kita lakukan.. Mengeluh takkan pernah menyelesaikan masalah, tetapi dengan tindakan nyata untuk membawa perubahan. Langkah kecil yang dimulai dari diri sendiri.

Tak ada yang benar atau salah dari sebuah keputusan. Namun, komitmen untuk bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil. Apapun itu harus dijalani dengan kuat dan sebaik mungkin. Memulai maka harus berjuang sampai selesai. Titik tujuan.

Jadi apa visi kehidupanmu? :)

0 comments:

Post a Comment