Tuesday, October 27, 2015

Siapa Aku?

Sikapku memang seringkali menjemukan banyak orang.
Karena sikapku yang mudah menggebu sekaligus meledak.
Seringkali bersikap berlebihan dalam menghadapi sesuatu.
Dan membosankan akan tutur kata yang berbelit tak kunjung pada intinya.

Tetapi juga ada yang bilang, justru keramaianku bisa menjadi energi positif untuk mendorong orang lain bersemangat. Entahlah sungguh aku pun tak mengerti akan kepribadian diriku sendiri.

Sejujurnya aku seringkali merasa lelah. Hanya sekedar untuk memuaskan ego dan rasa penasaranku sendiri. Dengan sifatku yang mudah ikut campur urusan orang lain. Begitulah mungkin aku memang menyebalkan.

Beginilah aku apa adanya. Seberapapun berusaha untuk menyenangkan orang lain, nyatanya aku masih seseorang yang lemah yang kadang menyimpan masalahnya sendiri. Marah, menangis, putus asa berpacu dalam pelarian bernama mencari kesibukan.

Bahagia itu ada dalam dirimu sendiri, nak. Tak perlu kau cari dimana ia berada. Emosi naik turun masih dalam batas yang wajar dalam proses pendewasaan diri nampaknya.

Mungkin ini sekedar tips untuk diri sendiri:
1. Menumbuhkan sikap malu

Rasa malu yang akan menjadi koridor dalam berpikir dan bertindak. Bukan rasa takut yang membatasi diri, namun rasa malu agar dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik. 
2. Belajar prioritas
Prioritas dalam kehidupan itu penting seperti masalah prinsip hidup. Jadi dengan manajemen waktu yang baik dan skala prioritas yang tepat menjadikan pribadi yang lebih selektif.
3. Kreatif dan inovatif
Kreativitas diperlukan dalam mengembangkan potensi yang ada. Dengan melihat peluang yang tersedia sehingga dapat mengoptimalkannya.
4. Hardworker
Pekerja keras dibutuhkan di setiap disiplin ilmu yang ditekuni.
5. Lebih peduli dengan diri sendiri
Menjaga kesehatan diri dan kebutuhan dasar sebagai manusia untuk menyelaraskan antara urusan dunia serta akhirat. Sekali-kali mengatakan "tidak" bukanlah sesuatu yang tak baik jika memang kamu perlu beristirahat.
6. Tahu diri 
Mengetahui kapasitas diri ada pentingnya untuk menghindari overlapping. 

Yeah.. that's me. Harus sering-sering muhasabah diri biar terhindar dari uncontrolled situation :)

0 comments:

Post a Comment