Sunday, November 25, 2012

be smart with ZENIUS :)

wahaha, bukannya promosi, tapi gue salah satu member di zenius.net jadi cuman mau repost aja, siapa tau bisa berguna..

Three Kinds Of Knowledge

1. FUNDAMENTAL SKILLS (melatih cara berpikir)
a. Critical thinking dan logic
Kemampuan berpikir secara benar dan logis, maksudnya bagaimana kita bisa memilih informasi mana yang bener mana yang salah. How do we know what we know is true..? Untuk berpikir logis adalah gimana kita mikir dengan aturan logika yang benar dan ngga gampang terjebak. Cara kita untuk tahu informasi itu akurat atau keliru, cara mengambil sutau kesimpulan, dan juga tahu sumbernya terpercaya atau engga itu hal yang penting banget, supaya kita ga berpikir secara asal, cuman apa yang menurut kita bener aja.
b. Mathematics
Mengerti matematika secara solid, membentuk pola berpikir yang terintegrasi.
c. Verbal skills
Penting buat menghadapi era globalisasi ini, untuk menguasai bahasa lain, khususnya Bahasa Inggris. Kemampuan bilingual ini yang megbantu buat ngasah IQ juga.

2. INSIGHTFUL KNOWLEDGE (membangun pemikiran kita untuk melihat dunia)
See the world as it is.. membangun pemikiran kita untuk bisa ngeliat dunia apa adanya. Kita jadi ngga terjebak dengan mitos-mitos, traditional believe, dll. Ini penting untuk ngeliat paradigma yang lebih luas dengan berbagai macam sudut pandang. Apa aja sih yang termasuk di insightful knowledge ini? Ya exposure lo terhadap filosofi, general sciences, dasar-dasar fisika, dari mana asal terbentuknya bumi, gimana adanya makhluk hidup, munculnya manusia, antropologi, sejarah, itu semua merupakan hal-hal yang penting dan menarik banget untuk dipelajari. Ngga harus ngedalemin insightful knowledge secara detail, tapi paling ngga lo ngerti dan tau, sehingga lo bisa ngebentuk pemikiran-pemikiran yang lebih luas dan lebih objektif. Bisa lebih tercerahkan dan wawasan lo jauh lebih luas dan yang pasti lo jadi ngga mikir terlalu sempit dan jadi orang yang jauh lebih menarik dan lebih wise karena cara pandang lo ngga hanya ngeliat dari satu sisi aja.

3. PRACTICAL SKILLS (kemampuan yang dikuasai)
Skill yang tiap orang punya, yang paling diminatin dan termasuk bakatnya harus diasah buat jadi poin plus diri kita. Buat ngasahnya ada metode belajar Deliberate Practice.


So, what is deliberate practice and why it is so important?

Deliberate Practice adalah belajar dan latihan terus menerus dengan cara yang benar.

DP itu adalah gimana caranya lo ngelatih apa yang kurang dan sulit secara berulang-ulang dilatih terus sampai lancar, sampai bener-bener ngerti dan bisa banget.
Satu hal penting itu butuh ketahanan diri (endurance) yang kuat. Jangan pernah berhenti di tengah-tengah. Jangan tau-tau brenti, karena bisa jadi ga balance, dan jadinya ga maksimal. Kadang, kalo lagi mood semangat, tapi pas ga mood, lo tinggalin. Nah, itu jangan sampe tuh. GAWAT. Lo harus keep your endurance secara stabil terus-terusan. 

finding your passion, practice and examine your self, keep your balance!


sources :
http://www.zenius.net/blog/186/three-kinds-of-knowledge
http://www.zenius.net/blog/84/deliberate-practice-dp

0 comments:

Post a Comment