Saturday, April 2, 2011

smartphone difference




Banyak sekali pilihan untuk membeli smartphone alias si ponsel pintar sekarang ini, salah satunya adalah BlackBerry, iPhone dan Android.

BlackBerry
Perkembangan pengguna BlackBerry di Indonesia memang sangat fantastik, sekarang seorang anak SMA sampai pada kalangan pebisnis memiliki BlackBerry.
Kemunculan BlackBerry pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada memang mengedepankan informasi melalui jaringan data nirkabel. Masuk ke Indonesia pada tahun 2004, dibawa oleh Indosat dan Starhub, kini hampir semua provider GSM memiliki layanan BlackBerry.
Mike Lazaridis, si pendiri RIM dan penggagas BlackBerry memang memiliki mimpi untuk bisa memberikan informasi yang realtime kepada semua orang. Sehingga dengan BlackBerry dan mungkin sinyal yang sangat terbatas, Anda bisa tetap mendapatkan informasi. Dan dengan sistem kompresi yang mumpuni, maka BlackBerry pun mampu menyimpan banyak data email penting yang sewaktu-waktu bisa Anda buka kembali tanpa harus melakukan koneksi internet melalui PC terlebih dahulu. Bahkan kini, dengan kebutuhan yang sangat kompleks dan kebutuhan akan bersosialisasi yang terus berkembang, semakin banyak pula pengembang pihak ketiga yang mengintegrasikan layanannya kepada BlackBerry. Sebut saja Yahoo!, Google, Facebook, dan yang lainnya.
Bagi pebisnis, BlackBerry juga bisa dijadikan alternatif dengan adanya aplikasi perkantoran seperti Word, Excel, PowerPoint dan PDF yang bisa dibuka melalui BlackBerry saat ini.

Keluaran BlackBerry saat ini :
1) BlackBerry Bold


2) BlackBerry Gemini Curve


3) BlackBerry Jevelin


4) BlackBerry Storm


5) BlackBerry Torch


iPhone
iPhone bisa dibilang masih baru dibandingkan dengan BlackBerry yang sudah menang jam terbang. Dimulai sejak tahun 1999 dimana Apple meregistrasikan iPhone.org ke dalam situs apple.com dan diperkenalkan dan diproduksi secara massal pada tahun 2007. iPhone memiliki banyak penggemar ketika pertama kali muncul.
Ponsel pintar ini memiliki banyak kelebihan dan fitur hiburan dibandingkan dengan BlackBerry. Segala fitur multimedia dan bahkan aplikasi dari pihak ketiga semakin memperkaya dan memanjakan pengguna dari iPhone.
Perbedaan mendasar ada pada fungsi, dimana iPhone lebih mengedepankan fungsi multimedia, berseluncur dalam dunia maya, melakukan editing file multimedia, bahkan untuk iPhone 4 bisa melakukan panggilan video. Dengan berbagai fitur ini, maka tidak sedikit yang ingin untuk memiliki iPhone. Bahkan ditambah juga dengan terintegrasinya dengan Apple Application Store untuk membeli software aplikasi.
Namun ada keterbatasan dengan aplikasi yang lain, karena iPhone di lock dan harus di unlock (jailbreak) terlebih dahulu untuk bisa mengoptimalkan semua fungsi dari iPhone. Yang akhirnya hal itu dilegalkan oleh Pemerintah dan Hak Cipta Amerka Serikat. Untuk urusan office, iPhone pun masih kalah dengan BlackBerry.

Android


Sebenarnya Android bukanlah merk atau jenis ponsel pintar seperti BlackBerry maupun iPhone. Namun merupakan sistem operasi yang juga digunakan pada Netbook. Namun kini banyak berkembang smartphone dengan sebutan Ponsel Android.

Android adalah perusahaan kecil yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Android Inc. memang perusahaan yang memproduksi Sistem Operasi untuk perangkat mobile. Android akhirnya mulai dirilis pada September 2007 dengan diperkenalkannya Open Handset Alliance. Android dikembangkan dari Kernel Linux yang adalah Open Source, sehingga perkembangannya sangat pesat. Bahkan menurut data terbaru dari perusahaan riset pasar GfK Ritel dan Teknologi, penjualan ponsel berbasis Android meroket, mencapai peningkatan 350 persen. Dan ada seratus ribu aplikasi yang siap di download dalam Android Market. Ini merupakan perkembangan yang sangat pesat, karena Android terus berkembang baik dari aplikasi maupun pengembangannya. Mulai dari aplikasi untuk chatting, hiburan dan juga aplikasi perkantoran, bisa Anda dapatkan pada Android Market. Sepertinya Android benar-benar menjembatani perbedaan antara BlackBerry dengan iPhone. Dan juga sudah banyak vendor Ponsel yang memperlengkapi ponsel mereka dengan OS Android ini. Sebut saja HTC, Sharp, Motorola, Toshiba, Samsung, Sony Erricson.

Semakin berkembangnya pengetahuan, maka akan semakin banyak pilihan bagi untuk memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan. Dan setiap pilihan diatas, tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Jika memerlukan aplikasi perkantoran, bisa pilih BlackBerry. Ingin penuh dengan hiburan dan multimedia, tidak ada salahnya memakai iPhone. Atau ingin dua-duanya? Bisa pilih Android.

0 comments:

Post a Comment