Saturday, April 2, 2011

Materi TIK Kelas 10

BAB 1 Tekhnologi Informasi dan Komunikasi :
1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur

INSTALASI PERANGKAT KOMPUTER
1.Sumber Listrik
Untuk dapat mengaktifkan komputer sangat mutlak dibutuhkan sumber listrik yang stabil dan memadai. Arus listrik dapat disambungkan melalui stop kontak.
2.Stabilizer
Untuk mendapatkan kualitas arus listrik yang stabil, umumnya digunakan alat bantu penstabil arus.
3.CPU ( Central Processing Unit)
CPU merupakan bagian induk dari komputer. Kelistrikan CPU dihubungkan melalui kabel power pada bagian Power Supply, dengan CPU dihubungkan dengan stabilizer atau UPS.
4.Monitor
Monitor memiliki 2 kabel koneksik, yaitu kabel koneksi serial dan kabel listrik. Kabel serial dihubungkan dengan port vga card, sedangkan kabel power dihubungkan dengan arus listrik.
5.Printer
Mempunyai 2 kabel koneksi, yaitu kabel port (serial atau USB) dan kabel kelistrikan.

FUNGSI DAN JENIS PORT KOMPUTER
- Port Serial : Port ini memiliki 9 pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem external. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.
- Port Parallel : port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem external serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel
- Port USB : port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan, yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera digital, printer, scanner, zip drive dan sebagainya, port ini mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel .
- Port Inframerah : port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan sebagainya.
- Port sound card : port ini mencakup line in, out, mic.
- Port PS/2 : port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan keyboard dan mouse.

Prosedur menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:
1. Pastikan kabel-kabel sudah terpasang dengan baik dan benar pada komputer anda
2. Pasangkan kabel ke stop kontak
3. Tekan tombol ON pada penstabil tegangan, CPU, dan monitor
4. Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses Booting, yaitu suatu proses ketika komputer mendeteksi hard disk, floppy disk, drive, CD-ROM, dan CPU.
5. Setelah itu muncul kotak dialog untuk mengisi username dan password. Apabila anda menggunakan sistem Windows 98, Windows NT atau Windows XP dan tidak akan menggunakan sistem jaringan, Klik cancel pada kotak dialog password. Proses ini dalam jaringan dikenal sebagai proses otorisasi.
6. Setelah proses otorisasi muncul dekstop. Pada tahap inilah komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.

Prosedur mematikan komputer:
1. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif
2. Klik tombol Start
3. Klik Turn Off Computer
4. Klik Turn Off di kotak dialog Turn off computer

1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

Perangkat Lunak Sistem
1.Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Merupakan perangkat yang difungsikan untuk memberikan serangkaian perintah yang disusun dalam sebuah kompiler.
Contoh : BASIC, COBOL, PASCAL, C++
CUI (Character User Interface) : pemberian instruksi melalui penulisan perintah.
GUI (Graphical User Interface) : pemberian instruksi melalui pointer pada tampilan.
2.Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi berfungsi untuk mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian.
Contoh : DOS, Unix, Windows, Linux.
3.Utility
Program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem, misalnya : memformat disket, scandisk dan cleanup
Contoh : Norton Utility (norton commander, norton disk doctor)
a. Sistem Clonning Hardisk
Norton Ghost adalah Software yang digunakan untuk melakukan clonning hardisk dari hardisk ke hardisk lain atau hardisk di komputer
b. Sistem Monitor
Aplikasi yang mampu membantu seorang administrator sehingga jika ada masalah yang terjadi pada jaringan, maka administrator dapat mengatasinya.
c. Sistem Billing
Program aplikasi bantu dalam jaringan yang berfungsi unguk menghitung durasi pemakaian suatu komputer client.
d. Sistem proteksi :
1. Anti Virus adalah sebuah aplikasi dengan kemampuan untuk menempelkan diriinya pada program lain. (AVG, Avira, Norton Antivirus)
2. Auto Revert adalah aplikasi yang dapat membantu mengembalikan kondisi sistem operasi beserta aplikasi yang terinstalasi. (Deep Freeze)
e. WinZip
Aplikasi ini berguna untuk mengkompres file (mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil), saat back up file tidak memakan ruangan memori yang besar)

Perangkat Lunak Aplikasi
1. Wordprosessing
Kelompok Software yang memiliki kemampuan dalam hal pengolah kata.
Contoh : Ms Word, OpenOffice Writer, WordStar , IBM Lotus Symponi
2. Spreadsheet
Kelompok Software yang memiliki kemampuan dalam hal pengolah angka.
Contoh : Ms Excel, OpenOffice Calc, Lotus 123 , IBM Lotus Symponi
3. Database
Database merupakan kumpulan dari item data ang saling berhubungan antara satu dengan lainya, yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware tertentu.
Contoh : dBaseIII, Ms. Access, OpenOffice Database
4. Desain Presentasi
Program yang difungsikan untuk membuat paket presentasi berupa slide.
Contoh : Ms Powerpoint,OpenOffice Impress, IBM Lotus Simpony
5. Desain Grafis
Program yang difungsikan untuk membuat gambar bitmap maupun vektor
Contoh : CorelDraw, Adobe Photosop
6. Desain Website
Program yang difungsikan untuk membuat desain website
Contoh : Ms. Front Page
7. CAD (Computer Aid Design)
Program untuk mengolah rancangan konstruksi mesin dan bangunan.
Contoh : AutoCAD
8. Desain Video Editting
Program yang digunakan untuk mengedit video.
Contoh : Pinnacle Studio, Adobe Premiere, Ulead Video Studio
9. Aplikasi Multimedia
Multimedia diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi dan video.
Contoh : Winamp, Windows Media Player, Power DVD, Jet-Audio
10. Aplikasi Internet
Program yang perlukan untuk melakukan berbagai kegiatan di internet, antara lain browsing, email, chatting,
Contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Ms. Outlook, Yahoo Masengger, MIRc.

BAB 2 Tekhnologi Informasi dan Komunikasi :
2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

Tekhnologi Informasi : segala hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Tekhnologi Komunikasi : segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data antar media.

Peralatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi
1. Komputer : alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
2. Proyektor LCD (Liquid Crystal Display) : alat untuk menayangkan informasi yang
berasal dari komputer atau media informasi lain.
3. OHP (Over Head Projector) : alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi.
4. Radio : alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.
5. Televisi : alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara.
6. Internet : hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan
setiap komputer saling bertukar informasi.
7. GPS (Global Positioning System) : alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
8. Faximile : alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon.
Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.
9. Satelit komunikasi : benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk
keperluan telekomunikasi.
10. Telepon : alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
11. Handphone atau telepon seluler : alat komunikasi bergerak untuk mengirim data
suara yang menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
12. Modem : perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal
listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya.

Kata komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.

Klasifikasi komputer
1. Berdasarkan kegunaannya:
a. General Purpose Computer : komputer yang digunakan secara umum untuk kegiatan sehari-hari.
b. Special Purpose Computer : komputer yang didesain untuk pekerjaan khusus.
2. Berdasarkan prosesor yang digunakan:
a. personal computer
b. komputer mini
c. komputer mainframe
d. superkomputer
3. Berdasarkan data yang diolah
a. komputer analog : komputer yang mengolah data dengan menterjemahkan keadaan fisik seperti suhu, cuaca, dan tekanan udara.
b. komputer digital : komputer yang mengolah data dengan menetrjemahkan dalam bilangan biner.
c. komputer hibrid : komputer yang bekerja dengan sinyal digital maupun sinyal analog.
4. Berdasarkan bentuk fisik :
a. tower
b. dekstop
c. portable
d. notebook
e. palmtop

Komponen komputer
GENERASI PERTAMA : vacuum tubes
GENERASI KEDUA : transistor (komponen elektronik)
GENERASI KETIGA : IC (Integrated Circuit)
GENERASI KEEMPAT : chip LSI dan VLSI
Komputer dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu:
a. Arithmatics Logic Unit (ALU) atau Unit Aritmatika dan Logika
b. Unit kontrol
c. Memori
d. Input-Output.

Siklus pengolahan data komputer
a. Input : suatu aktivitas memasukkan data ke komputer. Data tersebut dapat berupa data informasi maupun data perintah/instruksi. Komputer memerlukan suatu alat masukan yang disebut input device.
b. Proses : aktifitas pengolahan data yang sudah diinputkan ke komputer. Komputer akan memproses data tersebut menggunakan alat yang disebut prosessor.
c. Output : aktifitas menampilkan data hasil pemrosesan baik di layar monitor maupun dalam bentuk cetakan.

Perangkat-perangkat yang terdapat pada sistem komputer:
1. Alat Input
Alat input adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer. Data itulah yang selanjutnya akan diproses. Di dalam perangkat ini terdapat sinyal input maupun sinyal maintenance.
Contoh alat input : komputer, mouse, scanner
2. Alat Proses
Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Contoh alat-alat proses yang digunakan oleh komputer untuk mengolah data:
- Prosessor : alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital.
- RAM : sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori.
- Mainboard : papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer
seperti prosessor, RAM, dan komponen lain.
3. Storage
Storage adalah media penyimpanan data. Komputer memiliki media penyimpanan untuk menyimpan data yang telah selasai diproses.
- Harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras. Harddisk diciptakan oleh insinyur Reynold Johnson. Satuan putaran hardisk = rpm.
- CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Alat ini bisa membaca data dan dapat menulis/merekam data pada cakram CD atau DVD.
- USB flashdisk
Media penyimpanan flashdisk berbentuk kecil dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer. Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar dan mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.
- Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy).
4. Alat Output
Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat
output. Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem komputer adalah
sebagai berikut.
- Monitor
Monitor adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan
perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung.
a.Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
b.Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
- Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
a.Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa jarum, mirip dengan mesin ketik. Meski printer ini sudah jarang digunakan, namun kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak yang menggunakan karena hemat tinta dan dapat memghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan kuitansi).
b.Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer.
c.Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin fotocopy. Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan hingga suhu tertentu agar melekat. Satuan kecepatan mencetak = cps (character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).
- Speaker
Speaker berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer.
5. Peralatan Periferal
Peralatan periferal adalah peralatan tambahan yang digunakan pada komputer.
- Kartu jaringan (Network Interface Card)
NIC adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
- Modem (Modulator demodulator)
Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet
melalui jalur telepon. Modem mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
a.Modem internal adalah modem yang terpasang pada mainboard komputer di dalam kotak CPU.
b.Modem eksternal adalah modem yang dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar kotak CPU.


2.2 Menjelaskan fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi.

Jaringan Komputer : sekumpulan komputer yang saling terhubung dan dapat melakukan komunikasi dan pertukaran data.

Manfaat jaringan komputer adalah
1. Komputer-komputer yang saling terhubung dapat melakukan pemakaian file secara bersama-sama (file sharing)
2. Komputer dapat berbagi pakai printer (printer sharing) dan hardware lainnya
3. Dengan adanya penyimpanan file terpusat (file server) data yang ada di server dapat saling dibagi
4. Memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
5. Memudahkan kita membackup data (membuat data cadangan)
6. Memungkinkan kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat

Macam-macam jaringan komputer
1. Berdasarkan Wilayah
a. LAN (Local Area Network)
b. MAN (Metropolitan Area Network)
c. WAN (Wide Area Network)
2. Berdasarkan topologi
a. Bus
b. Ring
c. Star
d. Tree
e. Mesh
3. Berdasarkan media transisi
a. Wireline
b. Wireless
- Sinar inframerah banyak digunakan untuk komunikasi tanpa kabel jarak dekat. Sistem
yang menggunakan sinar inframerah mudah dibuat dan relatif murah harganya. Hanya saja, sinar inframerah memiliki keterbatasan karena tidak mampu menembus tembok atau benda gelap. Contoh paling sederhana penggunaan sinar inframerah adalah remote control televisi. Pada alat komunikasi, sinar inframerah juga digunakan sebagai media pertukaran antar telepon seluler.
- Gelombang radio, frekuensi radio atau RF (radio frequency) dalam jaringan tanpa kabel yang lebih luas.
- Satelit
Jaringan telekomunikasi menggunakan satelit dapat menjangkau area geografis yang lebih luas. Salah satu contoh jaringan telekomunikasi menggunakan satelit adalah VSAT.
Keuntungan pemakaian VSAT adalah:
● Kecepatan transfernya tinggi
● Jaringan akses langsung ke router ISP dengan keandalan mendekati 100%

BAB 3 KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) :

Prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
Dalam dunia industri atau perkantoran besar yang menggunakan komputer dalam jumlah
yang banyak, kesehatan dan keselamatan kerja tentu menjadi faktor yang sangat penting.

Para pengguna komputer pribadi pun perlu menerapkan prinsip menjaga kesehatan dan
keselamatan kerja menurut petunjuk yang sudah ada. Seorang yang sehari-hari menggunakan komputer baik untuk pekerjaan, pendidikan, ataupun hobi tetap harus
memperhatikan prinsip-prinsip kesehatan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat penggunaan komputer adalah:
1. gangguan pada mata
2. gangguan pada kepala
3. gangguan pada tangan
4. gangguan pada badan
Salah satu peralatan komputer yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan adalah
monitor. Radiasi yang dipancarkan monitor komputer antara lain berupa:
1. sinar-X
2. sinar ultraviolet
3. gelombang mikro
4. radiasi elektromagnetik frekuensi sangat rendah

Untuk itu, setiap pengguna komputer perlu mengatur waktu pemakaian komputer. Jika
Anda harus bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk mengatur waktu jeda agar tidak terus menerus menatap layar monitor.

Selain radiasi yang ditimbulkan oleh monitor komputer, kita perlu memperhatikan pula faktor-faktor lain yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan, yaitu posisi tubuh, posisi peralatan, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan (suhu, kualitas udara dan gangguan suara). Menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar, akan
memberikan kenyamanan saat bekerja. Dengan posisi tubuh yang rileks, kita dapat bekerja secara efektif dan kesehatan kita pun akan terjaga. Ilmu yang mempelajari bagaimana mengatur posisi duduk yang baik dan benar di depan komputer disebut ergonomi. Berikut ini posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer:

- Bagian kepala dan leher
Aturlah agar posisi kepala dan leher Anda tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan posisi ini, Anda akan sanggup bertahan lebih lama di depan komputer dan tidak cepat merasa lelah. Posisi leher yang terlalu lentur dan kepala menengadah atau menunduk saat menghadap monitor tidak dibenarkan karena akan membuat Anda cepat lelah.
- Bagian punggung
Duduk dengan punggung yang tegak dan rileks merupakan posisi yang benar saat menggunakan komputer. Badan yang terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau ke
kanan, dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan agar seluruh punggung tersangga dengan
baik oleh sandaran kursi.
- Bagian pundak
Aturlah posisi pundak sedemikian rupa agar otot-otot pundak tidak tegang. Usahakan agar pundak tidak terlalu ke bawah atau terlalu tegak.
- Posisi lengan dan siku
Posisi lengan yang baik adalah berada di samping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.
- Bagian kaki
Gunakan sandaran kaki atau footrest sehingga tungkai berada dalam posisi yang nyaman.
Selain hal-hal di atas, Anda perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut agar kesehatan
Anda tetap terjaga:
● Sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi badan Anda
● Usahakan agar jarak antara monitor dan mata minimal 80 cm.
● Gunakan refresh rate monitor minima 72 Hz agar mata tidak cepat lelah
● Gunakan kursi yang memiliki sandaran tangan
● Atur pencahayaan monitor.

Dari sisi hardware atau perangkat keras komputer, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor berikut ini karena sangat berpengaruh pada kesehatan dan keselamatan kerja.
- Posisi monitor
Monitor berpengaruh pada kesehatan mata karena mengeluarkan radiasi. Untuk
mengurangi keluhan pada mata, lakukan hal-hal berikut:
● Letakkan monitor di ruangan dengan pencahayaan yang cukup (tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup)
● Atur posisi monitor agar berada tepat di depan mata Anda
● Aturlah kecerahan monitor agar cahaya yang keluar tidak terlalu terang atau terlalu redup
● Gunakan filter screen (filter monitor) untuk meredam radiasi.
- Posisi keyboard
Letakkan keyboard dengan posisi lebih rendah dari monitor, namun tidak terlalu rendah.
- Posisi mouse
Letak mouse yang benar adalah di samping keyboard. Sesuaikan tangan yang biasa Anda
gunakan untuk bekerja. Jika Anda bekerja dengan tangan kiri, letakkan mouse di sebelah kiri keyboard dan aturlah agar setting mouse menjadi left handed melalui sistem operasi.
- Posisi meja dan kursi
Aturlah meja dan kursi sedemikian rupa hingga posisi duduk Anda di depan monitor lebih nyaman, dan Anda dapat menjangkau keyboard dan mouse dengan mudah. Selain diatur posisinya, perangkat keras komputer harus dijaga dengan baik karena
perangkat-perangkat tersebut menggunakan listrik.
- Monitor
Monitor CRT menggunakan listrik tegangan tinggi dan membutuhkan daya yang cukup
besar. Hindarkan monitor dari percikan air karena dapat menimbulkan hubungan pendek
atau korsleting yang dapat membahayakan keselamatan Anda.
- CPU
Kotak CPU yang diletakkan di lantai dan tidak dilengkapi dengan ground dapat
mengalirkan listrik saat kita menyentuhnya tanpa alas kaki. Untuk menghindari korsleting, kotak CPU sebaiknya diletakkan di yang aman, misalnya di atas meja. Kotak CPU dapat ditanahkan (grounded) dengan cara dihubungkan ke tanah atau tembok menggunakan seutas kawat tembaga. Karena CPU membutuhkan konsumsi listrik yang besar, maka kita harus menjauhkannya dari benda-benda cair dan binatang atau serangga untuk menghindari korsleting.
- Kabel
Aturlah susunan kabel secara baik dan rapi. Periksala stop kontak atau sumber listrik, jangan sampai ada yang longgar karena aliran listrik yang tidak stabil berpotensi merusak perangkat keras komputer dan mengakibatkan korsleting.

0 comments:

Post a Comment