Sunday, April 3, 2011

HAPPY 2nd ANNIVERSARY

yip yip hurray! >.<
hari ini, tepatnya 3 APRIL 2011, blog usang ini berulang tahun yang kedua! haha, ga nyangka bisa tahan mengurusnya sekian lama ini, semoga aja tetep bertahan untuk tahun tahun berikutnya.. dan semoga, semakin lama blog ini mengalami peningkatan, mulai dari kualitas postingan *menundukkan kepala* maupun para readersnya. oiya, saya juga mau ngucapin makasih kalo ada yang suka baca postingan terupdate saya [baca : kalo ada] *saya ga GR kan?*

haha, sebenernya pengen banget mampang cerpen garapan, tapi saynagnya belum ada yang jadi secara total, jadi kapan-kapan aja deh. dan, betewe tentang project bikin novel, it's definitely failed! -_-'

duh, duh ga kerasa libur satu minggu udah selesai, dan besok mulai masuk sekolah! padahal masih pengen santai-santai, tapi sebenernya dua minggu lagi juga bakal dapet libur, karena kelas 12 UN ! *yeah, evil laugh* tapi tetep aja ga bakal bisa santai, soalnya mau persiapan buat pensi juga. ckck, gimananih belum semua tugas liburan dibuat, tapi saya malah santai-santai. {watados kumat)

oiya, tadi pas lagi ngecek grup, ada info terbaru seputar ngirim naskah, jadi saya copas disini. cekidot~~

Syarat2 untuk mengirim naskah ke GPU:
Naskah diprint di kertas A4,
font Times New Roman, ukuran 12 point,
spasi 1,5
tebal halaman sekitar 150 hlm.
diberi nomor halaman dan dijilid.
Jangan lupa, cantumkan identitas kamu dan sinopsis cerita.

Dikirim ke :

REDAKSI FIKSI
PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
Kompas Gramedia Building
Blok I, Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270


Biasanya penerbit akan tertarik dengan tulisan yang ceritanya tidak biasa atau belum pernah ada. Naskah biasanya akan mendapat kabar max 3 bulan. Bisa juga disertakan perangko balasan, agar jika naskah kita ditolak akan dikembalikan dan dapat kita kirimkan kepenerbit lainnya. Naskah dikirim dalam bentuk print out.

BIASANYA kalian akan bertanya2:

1. Lebih dr 150 hlmn gk boleh ya? soalnya buatanku berhalaman sekitar 157-200.

Jawab: 150 hal itu batas maksimal, tapi gak mesti harus segitu. Kalo lebih2 dikit sih gpp asal jangan kebanyakan lebihnya, kecuali kalo ceritanya emang bagus banget.

2. Emang semua karangan slalu di terima??

Jawab : Gak semuanya diterima...harus diseleksi dulu dong...layak jadi novel atau nggak.

3. Harus dkirim via pos ? via e-mail bisa nggak ?

Jawab : Harus print-out biar cepet dibaca dan dikasih kabar. Pegel kan mata kalo harus baca email satu2 :)

4. Ada batas umur nggak buat pengarangnya, misalnya di bawa 16 taun nggak papa ?

Jawab: Jadi penulis nggak ada batas umur (emangnya pegawai negeri?). Dari anak-anak sampe kakek nenek juga bisa jadi penulis. Syaratnya cuman satu : BISA NULIS CERITA YANG BAGUS. Itu aja!

5. Kalo ditolak, dibalikin nggak naskahnya?

Jawab: Kalo pake prangko balasan pasti dibalikin. Tapi ada yg pernah juga kirim dan ditolak, naskahnya dibalikin padahal nggak pake prangko balasan, cuma bilang disurat, "kalo naskahku ditolak tolong dikembalikan"

6. Kalau nerbitin novel butuh biaya dari kita gg sih ?

Jawab: Nerbitin novel NGGAK PERLU BIAYA (maksudnya biaya yang kita kasih ke penerbit). Sama sekali nggak ada. Kalopun ada biaya itu biaya kita sendiri saat kita membuat naskah, print, jilid, dan ongkos kirim ke penerbit. Jadi kirim aja naskah kamu tanpa embel2 biaya dan tunggu hasilnya.

nb : tertarik??
well.. saya tertarik banget, sayangnya belum jadi aja naskah yang harus dikirim. hehe :p

0 comments:

Post a Comment