Thursday, September 9, 2010

novel inceran [lagi]

wadu, wadu,
gara gara dapet message dari admin grup d'place for books lovers, saia jadi penasaran ama novel STARGIRL. !!

Book #1: Stargirl (Jerry Spinelli)

Stargirl Caraway bukan anak perempuan biasa. Dia berani tampil beda. Dia berani menjadi dirinya sendiri di sekolah yang sebagian besar murid-muridnya sama dan seragam. Tidak ada yang tahu pasti, dari mana asalnya anak ini. Tahu-tahu dia muncul di sekolah dengan ukulele diselempangkan di pundak, rok panjang gaya pionir, dan tikus kesayangannya bertengger di bahu.

Setiap ada yang berulang tahun, dia akan menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk si anak. Setiap ada yang mengalami musibah dan kesedihan, dia menunjukkan simpatinya, secara terang-terangan maupun diam-diam. Dia berkeliling kota dan membaca surat kabar, mencari-cari apakah ada orang-orang terlupakan yang memerlukan penghiburan, dan dia akan mengirimkan hadiah-hadiah kecil untuk mereka, tanpa nama.

Keunikannya membuat anak-anak lain terheran-heran. Semula mereka tidak berani dekat-dekat dengannya, tapi ketika dia terpilih menjadi anggota tim pemandu sorak, mereka mulai mengidolakannya. Mereka meniru tingkah polahnya dan ingin tampil seperti dia. Namun mereka berbalik membencinya ketika dia tidak ikut menyoraki tim lawan yang kalah tanding melawan tim mereka. Sejak saat itu dia dikucilkan.

Leo Borlock, salah seorang cowok di sekolah itu, jatuh cinta pada Stargirl. Tapi ketika Stargirl mulai dikucilkan, Leo perlahan-lahan menjauh juga, tidak berani melawan arus, meski hatinya berontak.

Stargirl tetap sendirian, sampai acara pesta dansa tahunan di sekolah. Dia datang dan membuat suasana pesta yang semula biasa-biasa saja menjadi begitu mengesankan dan tak terlupakan oleh semua yang hadir.

Seusai pesta, dia pergi dan tak pernah kedengaran lagi kabar beritanya. Pindah entah kemana. Tapi sosoknya selalu dikenang termasuk oleh Leo yang sampai dewasa pun masih terus bertanya-tanya tentang keberadaan Stargirl.

Book #2 : Love, Stargirl (Jerry Spinelli)

Dalam lanjutan kisah Stargirl ini, Stargirl Caraway telah pindah dari Arizona ke Pennsylvania, meninggalkan Leo yang dicintainya. Di tempat baru ini ia berusaha menemukan kebahagiaannya kembali bersama sahabat-sahabat barunya, Dootsie si kecil yang cerewet, Alvina yang galak dan pemarah, Betty Lou, tetangga favoritnya yang takut keluar rumah, dan Margie si pemilik kedai donat. Namun rasa rindunya pada Leo tak juga hilang... sampai kemudian muncul seorang anak lekaki yang seunik dirinya--- Perry yang tampak urakan dan tidak pedulian, Perry yang menbuatnya penasaran, Perry yang punya potensi untuk menggantikan Leo yang berada jauh di Arizona.

nb : kayanya seru banget kan keliatan dari sinopsisnya? huhu, pengen !!

0 comments:

Post a Comment